Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an(Studi pada SMP IT Bina Insani Kota Metro Tahun Pelajaran 2018/2019)

Rohman, Muhammad Fathur (2019) Pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an(Studi pada SMP IT Bina Insani Kota Metro Tahun Pelajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD FATHUR ROHMAN NPM. 14114841.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyak lembaga yang melakukan kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an, tetapi tidak semua lembaga formal mempunyai pembelajaran menghafal Al-Qur’an untuk mencapai sebuah tujuan dalam pembelajaran salah satunya di SMP IT Bina Insni, di sekolah SMP IT Bina Insani memiliki Pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an bertujuan untuk siswa bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan benar. Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an dilaksanakan dengan baik. Dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an perlu adanya pemahaman kepada peserta didik untuk bisa mengetahui cara membaca Al-Qur’an yang benar sesuai dengan hukum bacaan tajwid, tapi masih banyak peserta didik yang belum mengetahui cara membaca Al-Qur’an yang benar dan menghafal Al-Qur’an penuh dengan semangat. Menghafal Al-Qur’an adalah bagian dari menjaga kemurnian yang ada di dalam Al-Qur’an, bahkan banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh para penghafal Al-Qur’an, Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an di SMP IT Bina Insani.

Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif dari data yang diperolehmelalui, wawancara,observasi dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deduktif.

Dari hasil penelitian, Pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di SMP IT Bina Insani melaksanakan pembelajaran cukup baik sesuai dengantujuan sekolah yaitu mengantarkan peserta didik untuk memiliki hafalan Al-Qur’ansebanyak 3Juz dimulai dari surah an-Nas sampai dengan surah al-Jumu’ah selamatiga tahun. Pembelajaran Tahsin Tahfidz menggunakanmedia Al-Qur’an pojok, kemudian menggunakan metode gabungan (metode Bi al-Nadzar, Tahfidz, Talaqqi,dan Takrir).dengandilakukan evaluasi untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi, dengan hasil siswa belum bisa menghafal Al-Qur’an dengan target yang sudah ditentukan kareana, siswa masih ada yang kesulitan menghafal Al-Qur’an karena belum terbiasa dalammenghafal Al-Qur’an dan terbebani oleh mata pelajaran sekolah selain itu orangtua kurang pengawasan dan kurang menumbuhkan rasa kesadaran didalam diri anaknya, peneliti memberikan saran menggunakan metode gabungan antara metode wahdahdan kitabah, karena dengan metode ini peserta didik akan lebih cermat dalam memperhatikan bacaan tajwid dan menghafal Al-Qur’an dengan benardan dukungan dari keluarga untuk menumbuhkan rasa kesadaran dan motivasi kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:01
Last Modified: 14 Jan 2020 07:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item