Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur`An Siswa Kelas II Di SD IT Bumi Sholawat Lampung Tengah

Ulfa, Mariana (2023) Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur`An Siswa Kelas II Di SD IT Bumi Sholawat Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
MARIANA ULFA.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur‟an adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur‟an. Setiap orang pasti bisa menghafal akan tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Seperti kendala kendala yang dialami oleh siswa kelas II di SD IT Bumi Sholawat yang mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur‟an. Diperlukan suatu metode yang efektif dalam menghafal Al-Qur‟an agar dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al-Qur‟an, termasuk dalam penggunaan metode. Maka dari itu guru tahfidz kelas II di SD IT Bumi Sholawat menggunakan metode talaqqi.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan metode talaqqi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas II di SD IT Bumi Sholawat Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talaqqi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas II di SD IT Bumi Sholawat. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan jenis metode ex post facto. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau sampelnya diambil secara keseluruhan, Dikarenakan populasi pada penelitian ini kurang dari 30 orang yakni berjumlah 13 responden. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), tes, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis Chi-Kuadrat dan uji koefisien kontigensi untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya.

Bedasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan SPSS nilai R Square adalah 0,241 atau sama dengan 24,1%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel metode talaqqi (X) berpengaruh terhadap variabel kemampuan menghafal Al-Qur‟an (Y) sebesar 24,1 %. Adapun hasil nilai Chi-Kuadrattabel sebesar 30,612 dan nilai Sig. = 0,003. Artinya nilai Chi-Kuadrathitung > Chi- Kuadrattabel (50,556 > 30,612) maka Ha diterima Ho ditolak. Kemudian hasil uji Koefisien Kontigensi sebesar 0,892 berada diantara nilai 0,80-1,000 dan termasuk kategori sangat kuat. Maka dari hasil tersebut menunjukan bahwa metode talaqqi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas II di SD IT Bumi Sholawat Lampung Tengah.
Kata kunci : Metode Talaqqi, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:06
Last Modified: 17 Oct 2023 03:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item