Afifah, Mutiara (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
MUTIARA AFIFAH 1901012025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Strategi guru pendidikan agama Islam berarti suatu strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam Lembaga Pendidikan yang mencangkup aspek pendidikan ilmu pengetahuan agama dan juga melaksanakan pendidikan karakater, pendidikan karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia dalam pendidikan agama Islam yang harus dipelajari, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ialah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mendewasakan peserta didik sesuai umurnya agar cukup cakap dan terampil melaksanakan tugas dalam kehidupannya pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti yang merupakan program pengajaran dengan tujuan mengembangkan watak atau tabiat baik dari peserta didik agar menjadi kebiasaan dan melekat kuat membentuk suatu karakter, dengan cara menghayati nilai-nilai dan keyakinan masyarakat sebagai kekuatan moral dalam hidupnya seperti kejujuran, dapat dipercaya, disiplin, kerja sama, sopan santun yang tercermin dalam prilaku peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, pertanyaan penelitian ini adalah apa saja strategi guru PAI dalam pelaksanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dilihat dari permasalahan yang ada adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pelaksanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan dan 3 Peserta didik. Sedangkan sumber skunder dari penelitian ini berasal dari literatur buku dan jurnal
Terdapat beberapa strategi guru pendidikan agama Islam yang bisa diterapkan, diantaranya adalah strategi keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan dan menciptakan suasana kondusif. Dalam hal ini, guru pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan menggunakan strategi pembiasaan, dimana Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan lebih sering mengajak peserta didik untuk terbiasa mempraktikan sesuatu yang dipelajari, selain itu selalu mengawasi peserta didik untuk terbiasa dalam mengerjakan hal-hal yang menjadi kewajiban peserta didik, salah satunya yaitu melaksanakan sholat.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pelaksanaan Pendidikan Karakter,dan Disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8442 |
Actions (login required)
View Item |