Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Preferensi Konsumen Memilih SRC Toko Kelontong Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan SRC Purwaningsih Dan SRC Darwati Di Desa Rajabasa Baru)

Sari, Melliya (2023) Preferensi Konsumen Memilih SRC Toko Kelontong Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan SRC Purwaningsih Dan SRC Darwati Di Desa Rajabasa Baru). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Melliya Sari - 1804040065 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Preferensi konsumen mencakup preferensi, pilihan, atau hal-hal yang lebih disukai oleh konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, berdasarkan pada permasalahan yang ada, ad’alah un’tuk meng’etahui preferensi konsumen memilih SRC Toko Kelontong ditinjau dari etika bisnis islam (Studi Perbandingan SRC Purwaningsih dan SRC Darwati di Desa Rajabasa Baru)

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Peneitian ini diupayakan untuk mengumpulkan data dalam keadaan yang nyata atau benar-benar terjadi, menggunakan cara bekerja yang sistematis, terarah dan dapat dipertanggungjawabkan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. sasaran penelitian sebanyak dua lokasi yaitu: SRC Purwaningsih dan SRC Darwati. Kedua lokasi tersebut dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan kedua SRC tersebut merupakan toko kelontong yang paling dominan di Desa Rajabasa baru.

Hasil penelitian “Preferensi Konsumen Memilih SRC Toko Kelontong Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Perbandingan SRC Purwaningsih dan SRC Darwati di Desa Rajabasa Baru)” menunjukkan bahwasannya terdapat perbedaan jumlah konsumen antara SRC Purwaningsih dan SRC Darwati. Preferensi konsumen diantara kedua SRC tersebut dipengaruhi oleh faktor harga dan banyaknya promo, dimana SRC Purwaningsih lebih banyak memberikan promo dibandingkan SRC Darwati, hal ini menyebabkan preferensi konsumen lebih ke SRC Purwaningsih dibandingkan dengan SRC Darwati.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Preferensi Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:27
Last Modified: 24 Oct 2023 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item