Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Materi Teorema Pythagoras

Kurniawati, Nova (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Materi Teorema Pythagoras. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NOVA KURNIAWATI - 1901061027 - TMTK.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang membuat peserta didik pasif pada saat proses pembelajaran berlangsung serta banyak peserta didik yang belum tuntas pada pembelajaran matematika dengan hasil belajar rendah. Peserta didik masih merasa kesulitan dalam pemahaman materi sehingga memerlukan media pembelajaran baru yang bisa membantunya dalam pemahaman matematika agar bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) menghasilkan produk berupa video pembelajaran matematika, (2) mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan, (3) mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian pengembangan atau bisa disebut Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan meliputi : (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Insan Mulia Batanghari dengan melibatkan 22 peserta didik kelas VIII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kevalidan video pembelajaran berbasis geogebra dari ahli materi sebesar 96,43% dengan kriteria ―sangat valid‖ dan ahli media sebesar 91,48% dengan kriteria ―sangat valid‖. Respon peserta didik terhadap video pembelajaran yang dikembangkan saat uji coba produk sebesar 75,60% dengan kriteria ―sangat praktis‖. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran matematika berbasis geogebra materi teorema pythagoras sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: video pembelajaran, geogebra, teorema pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:27
Last Modified: 24 Oct 2023 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item