Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPAS Kelas IV SDN 6 Metro Barat

Susiana, . (2023) Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPAS Kelas IV SDN 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SUSIANA - 1901031061 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah pada faktor internal dan pada faktor eksternal. Faktor internal yaitu berasal dari siswa yang kurang memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru di sekolah. Peserta didik hanya melaksanakan apa yang diperintahkan oleh guru tanpa adanya kegiatan yang nyata pada pembelajarannya. Hal ini membuat peserta didik tidak semangat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Faktor eksternal yaitu pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Terdapat pula faktor lain yaitu kurangnya minat siswa untuk belajar karena tidak adanya interaksi dengan alam sekitar. Maka sulit bagi siswa untuk dapat menerima materi belajar dengan baik serta terjadi hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 6 Metro Barat dengan menggunakan sampel 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Tindakan yang dilakukan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar siswa untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS, dan dokumentasi seperti foto, arsip, data sekolah, data hasil belajar siswa sebelumnya yang diperlukan oleh peneliti pada penelitiannya. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif sederhana.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat. Peningkatan persentase ketuntasan belajar pada peserta didik adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik ditandai dengan ketuntasan pada siklus I mencapai 68% siswa dan pada siklus II mencapai 91% siswa telah mencapai nilai KKM ≥75 dari jumlah keseluruhan 22 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada siswa sebesar 23% terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat pada setiap pertemuan dan pada setiap siklus.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, dan IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:29
Last Modified: 24 Oct 2023 07:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item View Item