Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan

Anggraini, Diah Ayu (2023) Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DIAH AYU ANGGRAINI - 1901011041 - PAI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Akhlak merupakan respon dari seseorang terhadap apa yang dilihat, didengar, dirasakan, maupun dipahami, yang dilakukan secara berulang-ulang tanpa adanya paksaan atau rekayasa. Orang yang baik tentu akan menunjukkan akhlak yang baik pula, Rasulullah pun mengatakan sebaik-baik manusia adalah yang baik akhlaknya. Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi akhlak siswa di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan. Yang menurut Ibu Ella Safitri sebagai Guru Akidah Akhlak mengatakan bahwa masih ada beberapa siswa yang menunjukkan akhlak kurang baik diantaranya membully teman, membolos pada jam pelajaran, berbicara kurang sopan pada guru.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di lingkungan sekolah MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling, dengan merujuk langsung informan yang lebih valid dan akurat yang menyangkut topik yang sedang diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data atau instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi akhlak siswa dapat dikatakan normal karena tidak ditemukan kondisi kenakalan yang berlebihan, namun tetap perlu untuk diadakan pembinaan dalam pembentukan akhlak, mengingat usia siswa masih pada tahap perkembangan. Diantara upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan aplikasi dan ilustrasi. Dan upaya tersebut bias dibilang berhasil, karena beberapa siswa merasa dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kata Kunci : Peranan guru, Akidah Akhlak, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:29
Last Modified: 24 Oct 2023 07:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item