Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Adijaya

Hardiyanti, Fida (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Adijaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FIDA HARDIYANTI - 1901031029 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan belajar adalah kegiatan pokok dalam keseluruhan kegiatan pendidikan di sekolah. Dalam proses belajar mengajar metode merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang menarik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yang belum mencapai niali KKM dan juga proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN 2 Adijaya. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre–eksperimental dengan desain one group pretes-postes design. Lokasi penelitian ini adalah bertempat di SDN 2 Adijaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Adijaya yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar ranah kognitif siswa, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Uji Prasyarat Analisis (Uji normalitas) dan Hipotesis yaitu uji-t dua sampel saling berkorelasi dan perhitungan dengan menggunakan program IBM SPSS 22.

Hasil Penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Nimbered Head Together (NHT) dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada nilai pretes 61,05 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa posttest 81,64 Terdapat peningkatan dari nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif tipe Nimbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III yang dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai thitung>ttabel (17,746 > 2,119) Dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 2 Adijaya.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:31
Last Modified: 24 Oct 2023 08:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item