Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SDN Sukajadi Kec.Bumi Ratu Nuban

Valentine, Ingky Leonicha (2023) Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SDN Sukajadi Kec.Bumi Ratu Nuban. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INGKY LEONICHA VALENTINE - 1901032021 - PGMI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan kumpulan pengetahuan yang terinci secara sistematis yang terdiri dari fakta-fakta yang diperoleh dari pengamatan ilmiah dan diskusi yang telah dilakukan. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukajadi Kec.Bumi Ratu Nuban yakni menganai rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kurang aktifnya siswa pada saat belajar mengajar dilaksanakan, media dan metode pembelajaran yang kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah Dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SDN Sukajadi Kec.Bumi Ratu Nuban dengan media pembelajaran Puzzle.

Puzzle adalah permainan yang paling umum di pakai dan salah satu permainan dalam pembelajaran yang sederhana yang dapat digunakan di sekolah. Kelebihan menggunakan media puzzle adalah mudah disajikan dalam pembelajaran, mudah di bawa dan praktis, siswa dapat bermain dan belajar.

Penelitian kali ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukajadi Kec.Bumi Ratu Nuban. Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan data Inferensial yang berguna untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t (t-test) dengan bantuan software SPSS seri 20 for windows.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai probabilitas (sig) dalam penelitian ini yaitu 0,000, karena probabilitas (sig) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran Puzzle. Berdasarkan hasil pengolahan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran Puzzle memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SDN Sukajadi Kec. Bumi Ratu Nuban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:18
Last Modified: 24 Oct 2023 08:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8465

Actions (login required)

View Item View Item