Felina, Martha (2023) Pengaruh Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN 2 Tulus Rejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MARTHA FELINA - 1901032025 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, siswa cenderung hanya mendengarkan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, tanpa melakukan percobaan secara langsung. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Tulus Rejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Pre-experimental. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tulus Rejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, karena data berdistribusi normal maka uji hipotesis dengan uji statistik parametrik yaitu uji t.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Tulus Rejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik dengan nilai = 8,7338 > = 2,0930 sehingga Ho ditolak artinya terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 2 Tulus Rejo. Dapat disimpulkan metode eksperimen dalam pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata Kunci: IPA, Hasil Belajar, Metode Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8466 |
Actions (login required)
View Item |