Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 2 Tanggulangin Punggur

Puri, Eka Nabila (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 2 Tanggulangin Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EKA NABILA PURI - 1901032013 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dimana proses belajar mengajar diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional dan dapat meningkat sumber daya manusia yang berkualitas. Namun kenyataan nya diketahui bahwa masih banyak siswa di SDN 2 Tanggulangin Punggur yang kurang minat belajar dan hilang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran cenderung hanya mendengarkan apa yang guru sampaikan, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sangat jarang, pada saat guru meberika tugas kepada siswa, siswa kurang bersemangat untuk mengerjakan dan siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat pertanyaan. Kondisi ini membuat pelajaran menjadi monoton dan membosankan bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan observasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 Tanggulangin Punggur, dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa pada tema 8 Daerah tempat tinggalku.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti berperan sebgai pengamat dan mitra kolaboratif yaitu guru kelas IV sebagai pengajar. Pembelajaran berlangsung selama 2 siklus sebanyak 6 sesi. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dikelas, dan dokumentasi untuk mengetahui profil dan kondisi sekolah.

Penelitian dengan metode bermain peran menemukan bahwa tingkat hasil belajar siswa siklus I adalah 80% dan siklus II adalah 90%. Hal ini menunjukka bahwa presentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II tingkat keberhasilan keseluruhan mencapai 10% . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN 2 Tanggulangin Punggur tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:18
Last Modified: 24 Oct 2023 08:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item