Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Penggunaan Metode Diskusi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur

Rolliya, Nela (2019) Hubungan Penggunaan Metode Diskusi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NELA ROLLIYA NPM. 14114941.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha yang dilakukan pendidik menggunakan metode diskusi dan menciptakan kondisi kegiatan belajar yang merangsang otak kiri dan kanan dengan tujuan hasil belajar dapat tercapai dengan baik, misalnya dibidang kognitif, peserta didik menjadi lebih kreatif, kritis, dan logis, serta hasil belajar peserta didikdibidang efektif dan psikomotorik yang membentuk sikap menghargai pendapat orang lain, berani mengeluarkan pendapat, dan demokrasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dalam rangka menjawab rumusan masalah yaitu “apakah ada hubungan penggunaan metode diskusi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IX IPA di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penggunaan metode diskusi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam, ada tidaknya hubungan yang signifikan antara penggunaan metode diskusi dengan hasil belajar pendidikan agama islam kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data-data dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi dengan sampel 29 peserta didik atau 25% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 113 subjek dari tiap kelas, adapun cara pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan product moment.

Setelah mendapatkan data dari dua variabel tersebut bahwa ada hubungan penggunaan penggunaan metode diskusi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas XI IPAdi SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur. Berdasarkan tabel interprestasi “r” product moment menyatakan bahwa nilai rxyatau rhitung yangsebesar 0,521 lebih besardaripadartabel untuk taraf signifikansi 5% adalah 0,367dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,470maka hal ini menunjukan bahwaada hubungan antara penggunaan metode diskusi dengan hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:45
Last Modified: 14 Jan 2020 06:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item