Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Masyarakat Terhadap Bungadalam Bank Keliling (Studi Kasus di Simbarwaringin Lingkungan 7 Kabupaten Lampung Tengah)

Pratama, Tedy Olan (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Bungadalam Bank Keliling (Studi Kasus di Simbarwaringin Lingkungan 7 Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TEDY OLAN PRATAMA-1804100103.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Bank keliling merupakan jenis lembaga non bank tapi lembaga keuangan yang dinaungi oleh perorangan. Dalam oprasionalnya bank keliling menyasar pada masyarakat yang membutuhkan pendanaan cepat dan tanpa syarat ataupun jaminan, Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat tergiur untuk melakukan pinjaman pada bank keliling tersebut kurang fahamnya masyarakat terhadap bunga yang besar termasuk kategori riba yang akhirnya menyebabkan masyarakat terjerat hutang sehingga tidak mampu membayar cicilan bahkan sampai ada yang di sita asetnya.bank keliling yang berperan dalam pemberian pinjaman sejumlah uang dengan disertai bunga dan penagihannya dilakukan hampir setiap minggunya. Bank keliling sendiri merupakan kata kiasan yang tidak lain adalah petugas atau penagih hutang yang memang selalu menagihnya berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya dan kini jumlah nasabah yang aktif meminjam sebanyak 8 orang permasalahan pada penelitian ini adalah masyarakat
Simbarwaringin LK 7 belum mengetahui apa itu bunga maupun bank keliling secara menyeluruh oleh karena itu masyarakat Simbarwaringin LK 7 masih
banyak terjerat hutang dengan bunga yang besar bahkan sampai rela memberikan asetnya untuk melunasi hutangnya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap bunga dalam bank keliling.

Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi masyarakat terhadap bunga dalam bank keliling di Desa Simbarwaringin Lingkungan 7. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dengan menggunakan triangulasi teknik yang dilakukan dengan cara membandingkan data hasil angket, tes, dan data hasil wawancara serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat mengenai riba rentenir/bank keliling, mereka belum ada yang mengetahui tentang di haramkannya riba yang di jalankan oleh rentenir/bank keliling. Namun banyaknya kebutuhan yang memaksa masyarakat menggunakan jasa bank keliling. banyak pula masyarakat yang merasa terbantu dengan keberadaan bank keliling karena mereka bisa membantu kebutuhan masyarakat yang kadang tiba tiba mendesak. Alasan yang mendorong masyarakat memilih bank keliling karena kemudahan dalam proses peminjamannya dan tanpa melakukan perjanjian di atas kertas hanya menggunakan atas dasar kepercayaan antar masyarakat dan bank keliling, selain itu tidak menggunakan jaminan dan tidak ada batas dalam peminjaman yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Bunga Bank

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:17
Last Modified: 24 Oct 2023 08:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item