Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Kasus Mebel Jaya Abadi Di 22 Hadimulyo Timur, Kec. Metro Pusat)

Arista, Rika (2023) Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Kasus Mebel Jaya Abadi Di 22 Hadimulyo Timur, Kec. Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Rikaa Arista NPM.1903011107.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari manusia harus memenuhi kebutuhann hidupnya yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan, maka berkaitan dengan dunia perdagangan. Strategi pemasaran pada dasaranya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan dapat tercapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan. Minat beli adalahbagian dari komponen perilaku dalam sikap mengkonsumsi. Minat beli konsumen adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara bebrapa merek yang tergabung dalam perangkat pilihan, kemudian pada akhirnya melakukan suatu pembelian pada suatu alternatif yang paling disukainya atau proses yang dilalui konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa yang diasari
oleh bermacam pertimbangan.

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah sesuai dengan strategi pemasaran yang digunakan Mebel Jaya Abadi ini. Jenis penelitian yang peniliti lakukan adalah dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Penentuan sempel dalam penelitian ini dilakukan saat peneliti mulai memasuki lapangan dan selama penelitian berlangsung dengan menggunakan teknik snowball. Caranya yaitu peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan informasi atau data yang diperlukan selanjutnya mendapatkanuntuk diwawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan dalam upaya menarik minat konsumen adalah 4 startegi pemasaran, yaitu produk (product), lokasi (pleace), harga (price), dan promosi (promotion). Namun dalam penerapan strategi pemasaran promosi yang dilakukan belum maksimal, karena hanya menggunakan strategi promosi dari mulut ke mulut atau bertemu langsung bertatapan muka.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Minat Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:31
Last Modified: 24 Oct 2023 08:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item