Rohani, Filla (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FILLA ROHANI - 1901061015 - TMTK.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada belum tersedia inovasi bahan ajar misalnya LKPD, pembelajaran yang berpusat pada guru dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan LKPD berbasis pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.. Materi yang peneliti gunakan bangun ruang sisi datar. Jenis Pengembangan bahan ajar ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate.
Uji coba pada penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas VIII A di SMPN 21 Tulang Bawang Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk validasi ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria “Sangat Valid” dengan persentase sebesar 88,18% dan 88,33%. Kemudian untuk hasil angket respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh kriteria “Sangat Praktis” dengan persentase 85,04%. Maka dapat disimpulkan LKPD berbasis pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis sudah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, LKPD, Pembelajaran Guided Discovery.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8474 |
Actions (login required)
View Item |