Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Madu Lebah Trigona Dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Kampung Lebah Yosomulyo)

Mahbubi, Ahmad (2023) Strategi Pemasaran Madu Lebah Trigona Dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Kampung Lebah Yosomulyo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHMAD MAHBUBI - 1903011006 - ESY.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Strategi Pemasaran Madu Lebah Trigona Kampung Lebah yosomulyo dilakukan dengan menerapkan bauran pemasaran marketing mix (Produk, harga, promosi dan tempat), madu lebah trigona dipasarkan melaui beberapa metode yang digunakan untuk mendongkrak kenaikan dan menjaga keberlangsungan usaha yaitu fokus pada bauran marketing mix promosi. Promosi dilakukan lewat tiga metode : personal selling, Mobile selling dan online dan sosial media dengan harapan mampu menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Kurang optimalnya pemanfaatan mendia sosial menjadi kendala dalam proses promosi sehingga perkembangan promosi yang dilakukan cenderung lambat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran madu lebah trigona dan meningkatkan minat beli konsumen studi kasus kampung lebah yosomulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan teknik induktif dengan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan sudah berjalan dengan cukup baik mampu menarik minat konsumen untuk datang dan membeli madu trigona di Kamung Lebah Yosomulyo secara konsisten sehingga mampu membantu meningkatkan penjualan produk. Namun, Masih banyak hal yang perlu dibenahi terutama pada bagian penguatan produk dan Promosi dengan mengevaluasi kelayakan produk serta efektivitas promosi yang dilakukan melalui media sosial.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, MAdu Trigona, Minat Beli Konsusmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:12
Last Modified: 31 Oct 2023 03:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item