Romini, Dwi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Penawar Rejo Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DWI ROMINI - 1901031023 - PGMI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 01 Penawar Rejo. Berdasarkan hasil observasi peneliti, siswa kelas IV dan guru belum menggunakan variasi model pembelajaran karena kurangnya informasi dan sosialisasi sekolah mengenai model dan metode pembelajaran. Sehingga pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional dimana guru hanya memberikan ceramah dan mencatatkan materi saja, hal ini berakibat pada hasil belajar siswa di kelas dan pada ketuntasan belajar siswa yang rendah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran value clarification technique (VCT) dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SD Negeri 01 Penawar Rejo Tulang Bawang?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas IV SD Negeri 01 Penawar Rejo Tulang Bawang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdiri atas dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah, lokasi penelitian dan lain lain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Penawar Rejo Tulang Bawang, hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa siklus I sebesar (54,01%) dan siklus II ( 85,06%), mengalami peningkatan sebesar 30,05%. Pada ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar (70,83%) dan siklus II sebesar (91,67%), dari hasil ketuntasan siklus I dan II tersebut mengalami peningkatan 20,84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 01 Penawar Rejo mengalami peningkatan karena hasil belajar siswa memenuhi KKM ≥ 70 sudah mencapai 91,67% di akhir siklus telah melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu 75%.
Kata kunci: model pembelajaran VCT, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8491 |
Actions (login required)
View Item |