Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang

Fitriani, Resti Amalia (2023) Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Resti Amalia Fitriani - 1801011119 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Metode ceramah merupakan salah satu metode yang dapat membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan baik. Penerapan metode ceramah juga mampu membantu tercapainya tujuan pembelajaran, khususnya pembelajaran PAI. Penerapan metode yang tepat dan maksimal memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang menarik menimbulkan semangat dan rasa senang siswa yang kemudian juga meningkatkan minat belajar siswa. Akan tetapi permasalahan yang terjadi metode ceramah belum berhasil meningkatkan minat belajar siswa secara maksimal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang?”. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 15 item pernyataan dan 15 item pernyataan untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh metode ceramah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang”. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 38 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa.

Hasil Koefisien Korelasi Product Moment yaitu sebesar 0,546. Dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,546 dan rtabel sebesar 0,320 dengan taraf signifikan 5%.Artinya rhitung> rtabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Selanjutnya nilai rhitung di interpretasikan ke dalam tabel nilai “r”, kemudian diketahui bahwa rhitung sebesar 0,546 berada antara 0,400 sampai dengan 0,600 dalam kategori cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Ceramah terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN 01 Sumber Sari Tulang Bawang dengan tingkat pengaruh dalam kategori cukup.

Kata Kunci: Metode Ceramah, Minat Belajar, Pengaruh Metode Ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:03
Last Modified: 31 Oct 2023 03:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item