Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MIM Tanjung Qencono Tahun Pelajaran 2022/2023

Febriana, Yeti (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MIM Tanjung Qencono Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YETI FEBRIANA - 1901031067 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran dalam Kurikulum di SD/MI. Melalui mata pelajaran IPS, siswa diarahkan, dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warga negara Indonesia dan warga dunia yang demokratis. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik dan mewujudkan tujuan pendidikan secara optimal. Berdasarkan hasil prasurvey terdapat kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu pada saat berlangsungnya proses pembelajaran IPS diketahui bahwa pembelajaran masih kurang melibatkan siswa. Guru masih berperan dominan dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikan pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode make a match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode make a match pada siswa kelas IV MIM Tanjung Qencono”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode make a match pada peserta didik kelas IV MIM Tanjung Qencono”

Penelitian ini adalah PTK dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, untuk mengetahuai proses pembelajaran siswa, lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan dokumentasi untuk mengetahui data sekolah. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 45% dan pada siklus II sebesar 82%. Dari hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 37%. Kondisi itu terjadi karena penggunaan metode Make a Match dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIM Tanjung Qencono Way Bungur sangat menarik perhatian siswa serta mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Kata Kunci : Metode Make a match, Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:04
Last Modified: 31 Oct 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item