Restiani, Ajeng (2023) Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Ajeng Restiani-190101101.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut sekolah harus menyiapkan dan menyediakan sumber belajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan sumber belajar dalam kegiatan belajar mengajar dapat membantu siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan guna mencapai hasil belajar yang optimal. Namun, seringkali pihak sekolah maupun guru kurang memperhatikan ketersediaan sumber belajar sehingga siswa kesulitan untuk mencari ataupun memperoleh informasi dan pengetahuan yang diperlukan. Permasalahan tersebut kemungkinan berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‘’Apakah ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas X jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung?’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan akuntansi keuangan SMK Negeri 1 Sekampung yang berjumlah 62 siswa, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang sumber beljar dan dokumentasi untuk memperoleh informasi berupa data yang diperlukan dalam penelitian serta profil dari SMK Negeri 1 Sekampung. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas X jurusan akuntansi keuangan SMK Negeri 1 Sekampung. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan uji t sebesar 6,748 dengan signifikasi 5% sebesar 2,00030. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,748>2,00030 yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi adalah 0,432 sama dengan 43,2 %. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Sumber Belajar (X) berpengaruh terhadap variabel Hasil Belajar (Y) sebesar 43,2%. Sedangkan sisanya (100%- 43,2%= 56,8%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Sumber Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X
Jurusan Akuntansi Keuangan SMK Negeri 1 Sekampung.
Kata Kunci: Sumber Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8494 |
Actions (login required)
View Item |