Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Dari Aqua Bekas Dalam Meningkatkan Penjualan di Desa Telogorejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Shinta, Yuyun Wara (2023) Analisis Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan Dari Aqua Bekas Dalam Meningkatkan Penjualan di Desa Telogorejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUYUN WARA SHINTA_1804041176.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Industri rumah tangga telah menjadi motor penggerak perekonomian berbagai negara saat ini dan menjadikannya sebagai sarana dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan baru, mengangkat standar hidup masyarakat, dan menciptakan kekayaan ekonomi yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Salah satunya yaitu Usaha Kerajinan tangan dari aqua bekas yang terletak di Desa Telogorejo tepatnya di Dusun Srimulyo RT 010 RW 005, Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Dengan adanya usaha kerajinan tangan ini diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar di Desa Telogorejo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran dari usaha Kerajinan tangan ini dan bagaimana Strategi yang dilakukan oleh usaha kerajinan tangan ini apakah dapat meningkatkan penjualan pekerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian dengan cara memperbaiki penerapan strategi pemasaran seperti melakukan inovasi produk baru kerajinan tangan, mencari tempat yang lebih strategis, promosi penjualan dengan pembuatan akun sosial media sendiri baik itu di market place, instagram, maupun whatt apps lalu melakukan periklanan seperti adanya pembuatan brosur agar memberikan informasi mengenai produk dapat lebih mudah kepada para calon konsumen, strategi harga seperti pemberian potongan harga. Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan dalam meningkatkan produk Kerajinan tangan milik ibu Waqidah dan mampu mengembangkan bisnisnya dan Karena dengan informasi yang jelas dan baik mengenai produk kerajinan ini mampu menarik minat konsumen terutama masyarakat sekitar dan masyarakat luar daerah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kerajinan Tas, Meningkatkan Penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:04
Last Modified: 31 Oct 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8495

Actions (login required)

View Item View Item