Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Hubungan Aktivitas Promosi Terhadap Penjualan Motor Bekas di Lukman Motor Tulang Bawang

Vani, Yudhy Trio (2023) Analisis Hubungan Aktivitas Promosi Terhadap Penjualan Motor Bekas di Lukman Motor Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUDHY TRIO VANI_1903012055.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini persaingan dalam dunia bisnis sangat menuntut setiap pemasaran untuk mampu melaksanakan sebuah kegiatan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut salah satunya menggunakan starategi promosi. Promosi penjualan merupakan salah satu sarana yang penting untuk meningkatkan volume penjualan. Dengan promosi yang menarik akan menimbulkan selera konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan, sehingga perlu dipilih salah satu dari bauran promosi yang dilakukan perusahaan, dalam rangka kegiatan promosi untuk meningkatkan ketertarikan konsumen pada produk yang ditawarkan dan akhirnya terjadi penjualan produk dihasilkan. Salah satu usaha yang membutukan promosi untuk meningkatakan penjulan yaitu Showroom
Lukman Motor yang berada di Desa Bogatama, Kecamatan Penawar Tama, Kabupaten Tulang Bawang, Namun dalam mempromosikan produk Lukman Motor ini tidak stabil ataupun tidak secara rutin setiap harinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas promosi terhadap penjualan motor bekas di Lukman Motor Tulang Bawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitiannya deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara Reduksi Data, Penyajian Data kemudian penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Showroom Lukman Motor sudah menerapkan bauran strategi promosi Lukman Motor dalam melakukan penjualan motor yang digunakan yaitu: promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Namun, dari strategi promosi yang diterapkan belum bisa maksimal karena didalam showroom Lukman Motor hanya memiliki 2 karyawan saja yang tidak berfokus pada satu pekerjaan saja, hal tersebut dibuktikan dengan adanya tidak kesetabilan penjualan disetiap bulannya

Kata Kunci: Promosi, Penjualan, Showroom Lukman Motor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:03
Last Modified: 07 Nov 2023 03:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item