Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Strategi Pelayanan Jamaah Haji Usia Lanjut Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Al-Hikmah Kota Metro Lampung

Sopyan, Fadil Atalah (2023) Penerapan Strategi Pelayanan Jamaah Haji Usia Lanjut Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Al-Hikmah Kota Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FADIL ATALAH SOPYAN - 1903041006 - MHU.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penerapan Strategi Pelayanan Pengembangan merupakan bentuk usaha dari perusahaan atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji untuk memberikan rasa kenyamanan dan kepuasan kepada jamaah terkhusus lanjut usia dengan memberikan pelayanan berlandaskan Strategi Pelayanan Publik. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui tingkat keberhasilan dan menjadikan tolak ukur Penerapan Strategi pelayanan pengembangan jamaah haji lansia yang diterapkan oleh KBIH Al-Hikmah Kota Metro Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif dengan cara berfikir secara induktif yang berlandaskan pada lima Dimensi Pelayanan Publik yaitu Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliabiliy), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty) tolak ukurnya menggunakan tujuh Konsep Standar Pelayanan Publik. Manfaat penelitian ini adalah dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam pelaksanaan, memperjelas keberhasilan strategi pelayanan dan menjadi tolak ukur biro travel lain dalam memberikan pelayanan pengembangan terkait dengan yang diberikan KBIH Al-Hikmah Kota Metro Lampung.

Hasil dari Model pelayanan publik KBIH Al-Hikmah Kota Metro yang di validasi dan dibandingkan dengan model pedoman pelayanan publik oleh Ahli dari Kemenag Kota Metro dapat peneliti analisis bahwa Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliabiliy), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty) sudah memenuhi kriteria pelayanan publik dengan tolak ukurnya menggunakan konsep standar pelayanan publik. Kekurangan pada model pelayanan KBIH Al-Hikmah terdapat pada Bukti Fisik dari fasilitas kepegawaian yang tidak sesuai dengan struktur kepengurusan. Penerapan pelayanan pengembangan fasilitas dan pembinaan praktek manasik lansia menjadi faktor unggulan KBIH A-Hikmah yang menciptakan kenyamanan dan kepuasan pada jamaah lansia.

Kata Kunci: Penerapan Strategi Pelayanan Pengembangan, dimensi pelayanan publik, konsep standar pelayanan publik, KBIH

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:31
Last Modified: 07 Nov 2023 03:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item