Prayoga, Bagus (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 01 Negara Batin Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI_BAGUS_PRAYOGA_NPM. 1901071012 - bagus Prayoga.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah mengenai penggunaan model pembelajaran snowball Throwing pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 01 Negara Batin Way Kanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 01 Negara Batin Way Kanan ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada pembelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 01 Negara Batin Way Kanan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mencari bagaimana upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan siklus 1 dan siklus 2 dalam pengumpulan data. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dan hasil pengujian hipotesis yang telah dianalisis maka nantinya akan dapat dijadikan sebagai landasan untuk mengambil kesimpulan.Teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas pesertas didik untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik, tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan dokumentasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini teknik analisis Data yang di gunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa setelah model pembelajaran snowball throwing diterapkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat
dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 62,1% dan siklus II 82,8%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,7%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71 % dan siklus II sebesar 87%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa model pembelajaran snowball throwing kata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8511 |
Actions (login required)
View Item |