Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Peserta Didik di MA Nurul Huda Rukti Endah

Muslimah, Tanti (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Peserta Didik di MA Nurul Huda Rukti Endah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TANTI MUSLIMAH_1701010182_.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Peran guru adalah guru yang berperan sebagai perancang atau perencana, pengelola pengajaran dan pengelola hasil belajar siswa atau salah satu faktor yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mencapai tujuannya. Menurut Surat Edaran Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19), dampak pandemi covid-19 menyebabkan banyak sekolah harus di liburkan serta proses pembelajaran harus dilakukan secara daring. Kemudian, untuk Pelaksanaan proses pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid 19 di MA Nurul Huda Rukti Endah dilakukan secara Luring (luar jaringan). Tujuan mata pelajaran akidah akhlak antara lain memberikan pengetahuan, penghayatan dan keyakinan kepada siswa, memberikan pengetahuan, penghayatan dan kemauan yang kuat, baik dalam hubungannya dengan Allah, dirinya sendiri, sesama manusia, atau dengan alam lingkungannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) Peserta Didik Pada Masa Pandemi Di MA Nurul Huda Rukti Endah. Peneliti mengambil penelitian berjenis field research (penelitian ke lokasi langsung). Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menetapkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta data hasil temuan di ilustrasikan menurut narasi dan di uraikan menggunakan teknik data reduction, data display, dan contrution atau verification.

Dari penelitain yang dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa peran atau upaya guru Akidah Akhlak merupakan suatu pondasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik kemudian ditambah dari dukungan dari guru-guru yang lain, kepala sekolah maupun guru BK. Meskipun ada hambatan guru dalam melakukan upaya dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. akan tetapi dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru mampu melakukan suatu upaya dalam mengembangkan kecerdasan emosional dengan perannya dalam mendidik, mengajar, membimbing, megarahkan, menilai, melatih, dan mengevaluasi peserta didik. dengan melihat peran dan upaya guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan rangkaian kegiatan-kegiatan dengan pengajaran Akidah Akhlak diharapkan kepada peserta didik mampu memahami dan mengimplementasikan dalam keadaan apapun.
Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:40
Last Modified: 31 Oct 2023 02:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item