Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Digital Pada Kain Tapis Lampung Perspektif Marketing Syariah (di Palputih Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan)

Widianto, Sigit (2023) Strategi Promosi Digital Pada Kain Tapis Lampung Perspektif Marketing Syariah (di Palputih Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SIGIT WIDIANTO_1903011121.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi di era digital. Beberapa promosi melalui media digital yang banyak dilakukan adalah melalui media sosial, jaringan website, mesin pencari, dan lain- lain. Toko Hepiku memanfaatkan media sosial Instagram, Facebook dan WhatsApp sebagai sarana mempromosikan produk kerajinan tapis Lampung. Namun dalam mempromosikan produk kerajinan tapis Lampung melalui media sosial, Toko Hepiku belum konsisten dalam mencantumkan spesifikasi produk secara detail. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi digital pada kain tapis Lampung perspektif marketing syariah di Toko Hepiku.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan), dimana peneliti menuju langsung kelapangan untuk mengkaji keadaan fenomena yang terjadi di tempat penelitian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan juga dokumentasi.

Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi promosi yang diterapkan Toko Hepiku yakni periklanan dan promosi penjualan, untuk periklanan Ibu Yuni memanfaatkan media sosial dalam memperkenalkan produknya, diantaranya Instagram, Facebook dan WhatsApp, sedangkan untuk strategi promosi penjualan, Ibu Yuni menerapkan imbalan kepada konsumen yang loyal, diskon dan diskon ongkir. Strategi promosi produk kerajinan kain tapis Lampung melalui media digital belum maksimal, karena dibeberapa fitur media sosial yang Ibu Yuni gunakan sebagai sarana pengiklanan belum dimanfaatkan dalam pengiklanan produk kerajinan kain tapis Lampung. Dari segi prinsip promosi dalam Islam, terdapat poin yang belum sesuai dengan teori dan praktek di lapangan, yaitu pada poin kejujuran, karena informasi yang didapat konsumen kurang lengkap. Pemilik Toko Hepiku belum konsisten dalam memberi keterangan foto produk yang di promosikan melalui media sosial.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Digital Marketing, Tapis Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:00
Last Modified: 31 Oct 2023 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item