Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Setia Jaya Madu Kota Metro)

Oktavia, Sherly (2023) Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Setia Jaya Madu Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SHERLY OKTAVIA_NPM 1903011120.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat bersaing merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang efektif.. Pada Toko Setia Jaya Madu dalam jangka waktu satu tahun mengalami penurunan pengunjung. Maka tujuan penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran menggunakan bauran pemasarn dalam menarik minat konsumen ditinjau dari etika bisnis Islam.

Jenis penelitian yang digunakna dalam penelitian ini yaitu pneliitan lapangan (field research). Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu : 1) Penerapan strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran dalam menarik minat konsumen yaitu melalui : a) Produk, berupa pengembangan produk dengan senantiasa mempertahankan kemurnian dan pembuatan produk baru berupa bawang tunggal, madu kunyit dan madu gingseng. b) Harga, dalam penentuan harga dilakukan dengan menyeimbangkan biaya dan kemanfaatan produk yang akan rasakan konsumen, c) Strategi Distribusi dilakukan melalui senantiasa memperhatikan ketersedian produk agar kebutuhan konsumen selalu terpenuhi dan d) Strategi Promosi dilakukan melalui pemasarn menggunakan media sosial berupa Facebook dan WhatsApp serta ecomers berupa Shoppe dan Tik Tok. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Setia Jaya Madu mampu menarik minat konsumen dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Bentuk kepuasan konsumen yaitu berupa keseuaian harapan konsumen, keinginan untuk melakukan pembelian
ulang dan setia dengan produk Toko Setia Jaya Madu. 2) Penerapan strategi
pemasaran dalam menarik minat konsumen jika ditinjau dari etika bisnis Islam dapat disimpulkan bahwa telah memenuhi prinsip etika bisnis Islam yaitu : a) Kesatuan (Unity), b) Keseimbangan (Equilibrium), c) Kehendak Bebas (Free Will), d) Tanggungjawab (Responsibility) dan e) Kebenaran.
Kata Kunci : Maketing Mix, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:00
Last Modified: 31 Oct 2023 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item