Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Pada Siswa SLB Negeri Kotagajah

Anggraini, Anggi (2023) Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Pada Siswa SLB Negeri Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANGGI ANGGRAINI - 1901031006 - PGMI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru dalam membimbing anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah, terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu anak hiperaktif di SLB Negeri Kotagajah berperilaku lebih aktif, lebih berisik dan tidak matang dalam berfikir. Upaya guru dalam membimbing siswa hiperaktif dalam pembelajaran akan sangat menentukan bagaimana proses pembelajaran yang baik bagi anak hiperaktif.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana perilaku anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah, bagaimana upaya guru dalam membimbing anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah, dan bagaimana kendala guru dalam membimbing anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku anak hiperaktif siswa SLB Negeri otagajah, untuk mengetahui upaya guru dalam membimbing anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah, dan untuk mengetahui kendala guru dalam membimbing anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa data data yang didapat baik berupa tulisan dari lisan orang yang berkaitan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SLB Negeri Kotagajah, Orang Tua dari anak Hiperaktif, Anak yang mengalami Hiperaktif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode, yaitu obervasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perilaku anak hiperaktif pada siswa SLB Negeri Kotagajah yaitu sulit untuk dikendalikan, sering mengganggu temannya, sulit untuk duduk diam, mudah bosan, dan sulit untuk berkonsentrasi. Teknik guru dalam membimbing anak hiperaktif sebagia sudah sesuai teori yang telah dikemukakan oleh beberapa tokoh, yaitu: dengan teknik penataan tempat duduk, menghindari penempatan duduk dekat dengan jendela, tidak memberikan hukuman terlalu berat, memberikan reward, melakukan kontrak atau perjanjian kecil di awal pembelajaran.Kendala yang dialami guru dalam membimbing anak hiperaktif adalah perilaku anak hiperaktif berbeda dengan anak normal lainnya, mereka mudah bosan ketika berada di dalam kelas sehingga konsentrasinya pun mudah terpecah, anak hiperaktif sering mengganggu temannya sehingga kelas pun tidak kondusif, dan anak hiperaktif sulit diajak kerjasama dengan temannya.

Kata Kunci : Upaya Guru, Teknik, Hiperaktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:36
Last Modified: 31 Oct 2023 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item