Handayani, Pipit (2023) Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Pipit Handayani - 1901031049 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan yang ada di MIN 3 Metro menarik peneliti mengambil judul analisis motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN 3 Metro adalah tingkat motivasi siswa berbeda-beda. Siswa mempunyai motivasi yang rendah yaitu terdapat siswa yang tidak memiliki kedisiplinan, tidak percaya. diri dengan jawabannya, suka mencontek. temannya, mengobrol dengan temannya. dan ribut dikelas saat proses belajar sedang berlangsung, sehingga dalam kegiatan. pembelajaran siswa mempunyai motivasi yang rendah. Siswa mempunyai motivasi yang tinggi. yaitu siswa memiliki kedisiplinan. yang cukup baik, cukup memahami. materi yang telah disampaikan, mempunyai semangat dalam belajar dan aktif dalam menjawab pertanyaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN 3 Metro dan apa saja faktor pendukung serta penghambat motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V A, siswa kelas V A, dan kepala sekolah MIN 3 Metro.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Analisis Motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN 3 Metro tergolong baik, hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang selalu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, siswa berusaha mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru meskipun benar atau salah, siswa yang mempunyai rasa malu dan takut apabila mendapatkan nilai yang kecil, guru kelas yang tidak bosan-bosannya memberikan pujian kepada siswa, guru kelas yang mampu mengkondisikan kelas menjadikan kelas yang menyenangkan dalam pembelajaran tematik dan siswa yang mempunyai cita-cita dimasa depan. Faktor pendukung motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN 3 Metro yaitu faktor guru dalam belajar dikelas, faktor dari luar lingkungan (orang tua siswa yang mendukung penuh siswa untuk belajar), faktor teman-temannya, dan faktor keinginan siswa untuk mengerjakan tugas. Faktor penghambat motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di MIN 3 Metro antara lain bahan ajar yang terbatas, dan kurangnya dorongan dari orang tua siswa.
Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:36 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8523 |
Actions (login required)
View Item |