Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD N 2 Sambikarto

Nurfadilah, Siti (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD N 2 Sambikarto. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI NURFADILAH - 1901032035 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika bukan disebabkan karena matematika yang sulit, akan tetapi mereka menganggap bahwa pembelajaran matematika tidak menyenangkan, membosankan dan menakutkan. Anggapan seperti ini menyebabkan mereka semakin takut untuk belajar matematika. Oleh karena itu, sebagai seorang guru hendaknya dapat menyusun dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang inovatif sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan, karena keberhasilan siswa dalam belajar ditentukan oleh keterampilan dan ketepatan guru dalam memberikan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SD N 2 Sambikarto.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan Design One Group Pretest dan Posstest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 2 Sambikarto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Sambikarto yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain skor, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti menguji hipotesis dengan uji statistik non-parametrik yaitu uji wilxocon.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji wilxocon diperoleh hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi (< (0,05) sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SD N 2 Sambikarto. Hasil uji n-gain skor diperoleh nilai g sebesar 56 %, sehingga disimpulkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning (SFAE) ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:36
Last Modified: 31 Oct 2023 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item