Zulkurnain, Bill Adli (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Bill Adli Zulkurnain - 1901061006 - TMTK.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa LKPD matematika berbasis PMRI pada materi bangun ruang sisi datar yang didasarkan oleh keadaan siswa yang kurang interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dengan metode Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk melihat kelayakan produk pengembangan berupa LKPD matematika maka dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas untuk melihat kevalidan produk berupa LKPD matematika dinilai oleh validator berdasarkan ahli media dan ahli materi. Kepraktisan produk pengembangan berupa LKPD matematika dinilai berdasarkan uji coba lapangan yaitu respon peserta didik kelas VIII.
Berdasarkan hasil yang didapatkan dari proses uji coba produk ketika diterapkan pada siswa kelas VIII, siswa merasakan kemudahan memahami materi serta dengan adanya hasil penilaian respon peserta didik dengan jumlah 30 peserta didik yang didapatkan skor persentase rata-rata sebesar 87% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penilaian dari validator ahli materi sebesar 87% dengan kriteria “sangat valid” dan Hasil penilaian dari validator ahli media sebesar 83% dengan kriteria “sangat valid”, dengan demikian media pembelajaran berupa LKPD matematika layak pada aspek valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Kata kunci : Media Pembelajaran, LKPD, PMRI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 22:56 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 22:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8529 |
Actions (login required)
View Item |