Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Islami Materi Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT)

Handayani, Eti (2023) Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Islami Materi Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ETI HANDAYANI - 1901060009 - TMTK.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Bahan ajar yang kurang mendukung belajar peserta didik dapat menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi aritmatika sosial. Selain itu, menyebabkan peserta didik pasif dalam pembelajaran. Bahan ajar digunakan bukan hanya untuk menjadikan peserta didik pintar secara akademik tetapi juga menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhan YME. Oleh sebab itu, pengintegrasian nilai-nilai Islam menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan. Penggunaan pendekatan juga penting dalam pembelajaran. Hal ini karena pendekatan yang sesuai dapat mendorong pemahaman matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa LKPD bernuansa Islami materi aritmatika sosial dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu Define, Design, Develop dan Dessiminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap Develop karena keterbatasan biaya dan waktu. Pada LKPD ini dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan berdasarkan hasil validasi ahli dan angket respon.

Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata dengan kriteria “sangat valid”, hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase rata rata dengan kriteria “sangat valid”, hasil validasi oleh ahli agama persentase rata-rata dengan kriteria “sangat valid” dan hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase rata-rata dengan kriteria “sangat praktis”. Kelebihan LKPD yang dikembangkan adalah 1) LKPD disajikan dengan nuansa Islami yang dapat menambah keimanan bagi pembaca, 2) Menjadi daya tarik belajar peserta didik sehingga aktif dalam pembelajaran, 3) Membantu peserta didik dalam memahami materi aritmatika sosial, 4) LKPD yang dikembangkan mendapat hasil sangat valid dan sangat praktis sehingga layak diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci: LKPD, nuansa Islami, pendekatan RMT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:01
Last Modified: 07 Nov 2023 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8532

Actions (login required)

View Item View Item