Istiqomah, Laila (2023) Analisis Komparasi Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Kemampuan Self Confidence dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LAILA ISTIQOMAH - 1901062005 - TMTK.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik terhadap kemampuan self confidence dan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 1 Batanghari. Pembelajaran aktif merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Proses pembelajaran yang baik dan menarik akan membuat peserta didik semangat dalam belajar.
Strategi pembelajaran peer lesson dalam pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengajak peserta didik belajar secara aktif dengan menggunakan kaidah dan langkah ilmiah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas peserta didik serta mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran peer lesson terhadap kemampuan self confidence dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi kelas VIII 1 – VIII 5 SMP Negeri 1 Batanghari yang berjumlah 160 peserta didik. Pengambilan sampel sebanyak 33 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan strategi pembelajaran peer lesson terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan tidak terdapat perbedaan strategi pembelajaran peer lesson terhadap kemampuan self confidence kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari. Setelah dianalisis menggunakan uji-t yang pertama diperoleh nilai sebesar 0,220 0,05 artinya terdapat perbedaan rata rata strategi pembelajaran peer lesson terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari atau dengan kata lain rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol. Sedangkan keputusan uji-t yang kedua diperoleh nilai 1,714 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata strategi pembelajaran peer lesson terhadap kemampuan self confidence.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Kemampuan Self Confidence, Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:22 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8533 |
Actions (login required)
View Item |