Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Muhammadiyah Metro Pusat

Khoiriyah, Umi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Muhammadiyah Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI UMI KHORIYAH - 1901030037 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Muhammadiyah Metro Pusat. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang mampu menarik perhatian peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Salah satu cara yang digunakan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran talking stick.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di SD Muhammadiyah Metro Pusat?. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar IPA di SD Muhammadiyah Metro Pusat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental dengan jenis desain penelitian post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Sampel dalam penelitian ini kelas IV E (Harun AS) sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan kelas IV B (Ilyasa AS) sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model Pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di SD Muhammadiyah Metro Pusat”.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:54
Last Modified: 31 Oct 2023 08:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item