Shintia, Cindi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Trimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI CINDI SHINTIA - 1901032009 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan berpaku terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas III MI Muhammadiyah Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental. Jenis desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian MI Muhammadiyah Trimulyo sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A untuk kelas kontrol dan Kelas III B untuk kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (59,78) dan posttest (79,57), sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol (57,28) dan posttest (71,83). Hasil uji-t posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai thitung 2,44 lebih besar dari nilai t tabel 2,06, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kenaikan persentase nilai pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dengan kenaikan hasil belajar sebesar 8%. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas
Kata kunci : Papan Berpaku, Matematika, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 22:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 22:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8540 |
Actions (login required)
View Item |