Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 1 Metro

Fitriani, Ari Deca (2023) Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARI DECA FITRIANI - 1901030008 - PGMI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) mata pelajaran matematika peserta didik kelas IV A MIN 1 Metro tahun pelajaran 2022/2023, diketahui bahwa 82% (23 peserta didik) dari 28 peserta didik yang nilai hasil belajarnya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 18% (5 peserta didik) yang mencapai ketuntasan. Metode yang digunakan pendidik yaitu metode ceramah dan metode diskusi, akan tetapi hasilnya belum maksimal. Peserta didik cenderung pasif, hanya sebagian kecil peserta didik yang aktif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV A MIN 1 Metro?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV A MIN 1 Metro”.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa dengan penerapan model Team Game Tournament (TGT) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada hasil belajar posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 54% sebanyak 15 peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan pada siklus II ketuntasan posttest adalah 93% sebanyak 26 peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 39%.

Adanya peningkatan ini, maka sudah mencapai kriteria keberhasilan, karena Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai ≥70%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penerapan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika. Peningkatan ini merupakan keterlibatan dari peningkatan aktivitas belajar peserta didik.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Nov 2023 22:51
Last Modified: 06 Nov 2023 22:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item