Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di MI Ma’arif NU 9 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo

Pantiyani, Rahayu Ratna (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di MI Ma’arif NU 9 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAHAYU RATNA PANTIYANI - 1901031052 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif NU 9 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang sudah ditentukan sekolah. Selama ini guru mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran ceramah dalam proses pembelajaran. Namun dengan model pembelajaran tersebut masih banyak siswa yang cenderung pasif dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar. Maka diperlukan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing berbantuan LKPD. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing berbantuan LKPD.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif NU 9 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental desain Pretest Posttest Control Grup Design dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sampling, peneliti menggunakan teknik Cluster Random Samling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan adalah kelas IV B (kelas eskperimen) dan kelas IV A (kelas kontrol). Teknik pegumpulan data ini berupa tes, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan uji independent sample t test (uji t) menggunakan bantuan software SPSS. Untuk melihat peningkatan hasil belajar peneliti menggunakan N-Gain ternormalisasi.

Berdasarkan pengumpulan data dan analisis data dengan perhitungan SPSS versi 25 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,009. Jika dibandingkan dengan 0,05 maka 0,009 < 0,05. Sehingga ditolak dan diterima, artinyaa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Kooperatif tipe snowball throwing berbantuan LKPD, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Nov 2023 22:54
Last Modified: 06 Nov 2023 22:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item