Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTs Al-Hikmah Batanghari

Herawati, Neti (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTs Al-Hikmah Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NETI HERAWATI - 1901070012 - T. IPS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs AL-Hikmah Batanghari pada mata pelajaran IPS, Untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, seorang guru harus mempunyai keterampilan dalam mengajar, membuat perencanaan yang matang dan giat menambah pengetahuan serta pengalaman dalam melaksanakan tugasnya. Hasil belajar siswa yang rendah merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah pada pelajaran IPS ditandai 70 % siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan belum bervariasi yaitu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Siswa cenderung pasif, hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah aktivitas belajar dan penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS setelah menerapkan metode role playing di kelas kelas VIII A MTs Al-Hikmah. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode role playing hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 73% pada siklus II mencapai 86% atau ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 27%.

Kata kunci: . Siswa cenderung pasif hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:58
Last Modified: 07 Nov 2023 02:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item