Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V SD Negeri Purwosari Lampung Timur

Kholifah, Devi Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V SD Negeri Purwosari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEVI NUR KHOLIFAH - 1901031021 - PGMI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SD Negeri Purwosari khususnya pada kelas V. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat yaitu dalam proses pembelajaran hasil belajar siswa relatif rendah. Hal ini ditunjukan adanya siswa yang merasa bosan saat proses belajar dan pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru. Selain itu, pada saat pembelajaran berlangsung kondisi kelas yang kurang kondusif.

Model pembelajaran kontekstual adalah sebuah model pembelajaran dimana dalam pelaksanaanya mengaitkan materi pembelajaran dengan keseharian yang di alami oleh siswa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar tematik kelas V di SD Negeri Purwosari Lampung Timur.

jenis penelitian ini adalah Pre Exsperimental dengan desain One Grup Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Purwosari. Jenis sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes (pretest and posttes) kemudian di analisis dengan uji-t sebelumnya data tersebut sudah di uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan perolehan perhitungan dengan menggunakan uji t dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dengan harga thitung = -11,510 dan ttabel = 1,697 yang berarti terdapat perbedaan nilai yang cukup signifikan antara hasil pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual tehdap hasil belajar tematik kelas V SD Negeri Purwosari lampung timur, sehingga metode ini dapat digunakan pada proses pembelajaran yang sesuai.

Kata kunci: model pembelajaran kontekstual,hasil belajar tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:58
Last Modified: 07 Nov 2023 02:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item