Wahyuni, Riska Dwi (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Mufiid Purbosembodo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
RISKA DWI WAHYUNI_1901011139.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Guru Aqidah Akhlak adalah tenaga pendidik yang diangkat dengan tugas khusus mendidik dan mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Setiap guru diharapkan dapat menjadi guru pendidikan karakter dan setiap guru seharusnya berkompeten untuk mendidik karakter peserta didiknya. Keberhasilan dalam pembelajaran harus diupayakan semaksimal mungkin, salah satunya yaitu menggunakan metode yang dapat menarik peserta didik untukk mengikuti pembelajran aqidah akhlak. Menggunakan media serta menciptakn kelas yang kondusif,menarik,efekti dan efisien merupakan tugas seorang guru.
Adapun masalah yang peneliti temukan di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Mufiid Purbosembodo Lampung Timur yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa. Dan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak?” dan “Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak?” serta tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. dan Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Upaya Guru adrasah Ibtidaiyah Daarul Mufiid Purbosembodo Lampung Timur.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dan sumber data skunder yang diperoleh dari siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan tenknik analisis data secara individu.
Berdasarkan hasil penelitian, maka di simpulkan bahwa Upaya Guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Mufiid Purbosembodo dengan metode brainstorming, bernyani sesuai tema materi, mengulas materi yang sudah di ajarkan. Mendidik siswa dalam melakukan perilaku sopan santun sesuai tauladan Nabi Muhammad SAW. Memberikan motivasi kepada siswa. Faktor Pendukung Upaya Guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak Adanya pendekatan pembelajaran melalui metode brainstorming. Dalam satu pertemuan guru tidak hanya menggunakan satu metode. Faktor Penghambat Upaya Guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adanya beberapa siswa yang kurang memahami dan sulit memahami penjelasan-penjelasan yang telah disampaikan oleh guru di sebabkan karena tidak cukupnya waktu dan kurangnya fasilitas media pembelajaran.
Kata Kunci : Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 08:33 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 08:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8554 |
Actions (login required)
View Item |