Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDN 2 Sambikarto

Nusantari, Kemala (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDN 2 Sambikarto. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KEMALA NUSANTARI - 1901031032 - PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN 2 Sambikarto, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih jauh dari KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA yaitu kurang nya peserta didik dalam memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, masih banyak peserta didik yang mengobrol saat guru menjelaskan, guru jarang menggunakan metode, dan guru kurang menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru yang berakibat rendahnya hasil belajar IPA di kelas IV.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 2 Sambikarto. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Sambikarto pada mata pelajaran IPA tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 28 Peserta Didik yang terdiri dari 16 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak pada siklus I adalah 36% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 42% menjadi 78%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 70%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Sambikarto.

Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Nov 2023 22:58
Last Modified: 06 Nov 2023 22:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8556

Actions (login required)

View Item View Item