Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Marketing Islami Dalam Meningkatkan Volume Pendapatan Pada Usaha Fotocopy (Studi Kasus JS Fotocopy dan Print Banjar Rejo Batanghari Lampung Timur)

Nugroho, Ahmad Setyo (2023) Dampak Marketing Islami Dalam Meningkatkan Volume Pendapatan Pada Usaha Fotocopy (Studi Kasus JS Fotocopy dan Print Banjar Rejo Batanghari Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Ahmad Setyo Nugroho - 1804041006 - ESY.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Marketing Islami merupakan seluruh proses penciptaan, proses penawaran, dan proses pertukaran nilai tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip muamalah islami. Volume pendapatan yaitu keuntungan yang dihasilkan seperti berupa uang ataupun materi lainnya dalam kurun waktu tertentu. Usaha fotocopy merupakan usaha yang bergerak dalam bidang percetakan, yang dapat digolongkan sebagai usaha UMKM yang produk utamanya adalah menyediakan jasa fotocopy atau menggandakan berkas-berkas serta jasa print dokumen.

Alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana dampak marketing Islami yang digunakan JS Fotocopy dan Print dalam meningkatkan volume pendapatan. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha, Fotocopy untuk terus mengembangkan pemasaran (Marketing) Islami agar dapat meningkatkan volume pendapatan usaha. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research atau peneilitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Setelah data seluruh data terkumpul dan dianalisis dengan metode berfikir induktif

Dari berbagai temuan lapangan yang telah dianalisis dan diukur, dapat diketahui bahwa marketing islami di JS Fotocopy dan Print memiliki dampak terhadap meningkatnya volume pendapatan JS Fotocopy dan Print yang berjalan dari tahun 2017 sampai dengan penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2023. Meskipun pada saat penelitian ini dilaksanakan masih terdapat beberapa unsur marketing islami yang belum dijalankan secara baik dan benar.

Kata Kunci: Marketing, Islam, Meningkatkan, Pendapatan, Fotocopy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:08
Last Modified: 07 Nov 2023 03:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8557

Actions (login required)

View Item View Item