Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemanfaatan Media Sosial Dalam Jual Beli Bibit Tanaman Sayuran Ditinjau Dari Perspektif Marketing Syariah (Studi Usaha Bibit Tanaman Mas Em Jaya Agro Desa Siraman Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur)

Safitriana, Ayu Ariska (2023) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Jual Beli Bibit Tanaman Sayuran Ditinjau Dari Perspektif Marketing Syariah (Studi Usaha Bibit Tanaman Mas Em Jaya Agro Desa Siraman Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU ARISKA SAFITRIANA - 1903010015 - ESY.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, berdampak pada dunia usaha, baik skala kecil dan besar, termasuk dalam hal penggunaan media sosial marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jual beli bibit tanaman sayuran secara online dan bagaimana media sosial dimanfaatkan di Usaha Pembibitan sayuran dalam perspektif marketing syariah.Dalam Islam, jual beli online disebut dengan akad salam, yang memiliki beberapa ketentuan agar transaksi tersebut sah. Beberapa ketentuan tersebut meliputi adanya pihak yang berakad, objek jual beli yang jelas,serta promosi yang mengikuti prinsip-prinsip pemasaran syariah, seperti penggunaan kata-kata yang benar, jujur, responsif, dan transparan.

Peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan sumber-sumber yang relevan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang berfokus pada penelitian lapangan. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling untuk pemilihan sampel secara selektif berdasarkan tujuan tertentu atau pertimbangan khusus agar sampel yang diambil dapat mewakili populasi secara efektif.Berdasarkan hasil penelitian lapangan, peneliti melakukan analisis data dan menemukan bahwa jual beli bibit tanaman sayuran secara online sesuai dengan syarat dan rukun jual beli. Dalam pemasaran bibit tanaman, konsep marketing syariah diimplementasikan melalui media sosial dengan prinsip-prinsip yang adil, jujur, dan beretika.

Kata Kunci: Jual Beli Online, Media Sosial, Marketing Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:28
Last Modified: 07 Nov 2023 02:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item