Nurfitrah, Dimas Ramadhan (2023) Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Pencapaian Target Produk Menghimpun Dana Pihak Ketiga di Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DIMAS RAMADHAN NURFITRAH - 1704100122 - Dimas Fitrah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Strategi bauran pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu untuk dapat tetap hidup dan berkembang, melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan/laba perusahaan. Tujuan ini hanya dapat dicapai, apabila bagian pemasaran perusahaan melakukan strategi yang mantap untuk dapat menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat dipertahankan dan sekaligus ditingkatkan. dapat diketahui bahwa pada tahun 2019, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun oleh Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam sebesar Rp. 69 Miliar khusus dana dari tabungan Rp. 27,6 Miliar. Pada tahun ini Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam berhasil mencapai target menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) yang ditetapkan yaitu sebesar 65 Miliar. Pada tahun 2020, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun oleh Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam sebesar Rp. 75 Miliar dan khusus dana dari tabungan sebasar Rp. 27,75 Miliar, pada tahun ini terjadi peningkatan dalam menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 6 Miliar dari tahun 2019 dan masih berhasil mencapai target menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) yaitu 68 M. Pada tahun 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun oleh Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam sebesar Rp. 64 Miliar. Penurunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 11 Miliar dari tahun 2020, salah satunya terjadi pada tabungan yang terjadi penurunan kurang lebih sekitar Rp. 3 Miliar. Tahun ini bukan hanya terjadi penurunan Dana Pihak Ketiga (DPK) saja, namun target Dana Pihak Ketiga (DPK) yang ditetapkan pun tidak tercapai.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dalam penelitian ini dideskripsikan dan menganalisa untuk menarik kesimpulan terhadap strategi bauran pemasaran. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam memiliki strategi place yaitu dengan memilih lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas umum dan merupakan kawasan bisnis di Bandar Lampung.
Sedangkan dalam hal strategi people, Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam lebih mengutamakan karakter karyawannya dari pada gelar yang dimiliki serta melakukan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) namun strategi tersebut tidak bisa optimal karena pendidikan karyawan marketing yang bukan dari perbankan serta kurangnya semangat kerja dan motivasi dari diri karyawan menyebabkan kinerja karyawan Bank Muamalat KCP ZA Pagar Alam menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:52 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8566 |
Actions (login required)
View Item |