Saputri, Arlinda Dea (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi terhadap kemampuan Praktek Shalat Fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kesumajaya Bekri Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
skripsi Arlinda Dea Saputri - Arlinda Dea Saputri.PDF - Other Download (9MB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan yang melibatkan dua pelaku aktif yaitu guru dan siswa. Salah satu factor penting yang menunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah metode belajar. Metode belajarmerupakan salah satu cara yang digunakan dalam menyampaikan suatu gagasan, pemikiran atau wawasan yang disusun secara sistematik dan terencana. Metode pengajaran memiliki kedudukan yang amat startegis dalam mendukung keberhasilan pengajaran.Melalui metode pengajaran, mata pelajaran dapat disampaikan secara efesien, efektif dan terukur dengan baik, sehingga dapat dilakukan perencanaan dan perikiraan yang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan metode Demonstrasi terhadap kemampuan praktek shalat fardhu siswa kelas IV SDN 2 Kesumajaya Bekri Lampung Tengah?”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode Demonstrasi terhadap kemampuan praktek shalat fardhu siswa kelas IV SDN 2 Kesumajaya Bekri Lampung Tengah.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 50 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (questioner), tes dan dokumentasi. Angket ini digunakan unruk mendapatkan data tentang metode Demonstrasi, tes digunakan untuk mendapatkan data tentang praktek shalat fardhu serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya SDN 2 Kesumajaya, visi dan misi sekolah, struktur organisasi, data jumlah guru dan siswa, serta sarana dan prasarana SDN 2 Kesumajaya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode Demonstrasi terhadap kemampuan praktek shalat fardhu siswa kelas IV SDN 2 Kesumajaya Bekri Lampung Tengah. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu diperoleh t-hitung sebesar 4,086 lebih besar dari t-tabel yaitu 1,67655 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana penggunaan metode Demonstrasi mempunyai pengaruh 25,8% dalam mempengaruhi kemampuan praktek shalat fardhu siswa kelas IV SDN 2 Kesumajaya Bekri Lampung Tengah dan untuk 74,2% dipengaruhi oleh variable lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:55 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8568 |
Actions (login required)
View Item |