Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Guru Profesional dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA di SDN 8 Metro Selatan

Salsabela, . (2023) Hubungan Guru Profesional dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA di SDN 8 Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SALSABELA (1801051050) - Salsa Bela.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar menjadi acuan bagi guru untuk menilai seberapa jauh kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran yang sudah dilakukan sebagai evaluasi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Adanya beberapa faktor yang memperngaruhi hasil belajar salah satunya yaitu guru. Berdasarkan hasil prasurvey, ditemukan permasalahan terkait hubungan guru professional dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 8 Metro Selatan yang berjumlah 17 peserta didik, seperti kurangnya metode yang bervariatif dan kreatif sehingga membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, kurang motivasi yang diberikan guru kepada peserta diidk dan fasilitas yang kurang memadai juga menghambat guru dalam memaksimalkan pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif yang bersifat deskriptif (mengukur tingkat hubungan anatar variabel x dan y). sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis sampel Purposive Sampling (17 peserta didik). Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah pearson product moment, yang berfungsi untuk mengukur tingkat korelasi antara guru professional dengan hasil belajar IPA siswa.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan guru professional dengan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 8 Metro Selatan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan IBM SPSS versi 25, uji korelasi pearson antara Guru Profesional dengan Hasil Belajar Pesera Didik rhitung > rtabel, yaitu 0,861 lebih besar dari 0,05 jika dilihat dari pedoman koefisiensi korelasi maka termasuk pada kategori sangat kuat dan nilai signifikasi 0,00 < 0,05 dari pengujian hipotesis yang diajukan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Guru Profesional dengan Hasil Belajar peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:40
Last Modified: 07 Nov 2023 01:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item