Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Melalui Media Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Produk Kerajinan Tangan (Studi Pada Kerajinan Tangan Miniatur Hewan, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat)

Sartika, Rizka Dewi (2023) Strategi Pemasaran Melalui Media Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Produk Kerajinan Tangan (Studi Pada Kerajinan Tangan Miniatur Hewan, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rizka Dewi Sartika - 1903010059 - ESY.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan adanya ekonomi kreatif mampu meningkatkan perekonomian dengan melalui pemasaran karya seni yang ditujukan untuk keseluruhan dari kegiatan usaha untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli. Salah satu jenis strategi pemasaran adalah bauran pemasaran. Melalui media digital dapat menjadi sarana untuk memasarkan produk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi pemasaran melalui media digital untuk meningkatkan penjualan pada produk Kerajinan Tangan Miniatur Hewan Di Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa usaha Kerajinan Tangan Miniatur Hewan sudah melakukan strategi pemasaran melalui media digital berupa media Whatsapp dan Instagram dengan menggunakan bauran pemasaran 7P, product, price, place, promotion, people, process, physical. Hal ini menunjukan bahwa dapat meningkatkan penjualan pada produk tersebut.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Pemasaran, Media Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Nov 2023 22:53
Last Modified: 06 Nov 2023 22:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item