Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Toko SRC An-Nur, Titipasan, Desa Bumi Agung, Kec. Tegineneng)

Yantika, Rindi (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Toko SRC An-Nur, Titipasan, Desa Bumi Agung, Kec. Tegineneng). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RINDI YANTIKA - 1903011108 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penerapan strategi pemasaran dalam suatu perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan. Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan dari bagaimana cara strategi yang di kembangakan oleh suatu perusahaan untuk mempertahankan dan menarik konsumen untuk membeli produknya. Terdapat beberapa toko yang menjual berbagai makanan ringan, sembako, bahan kue dan frozen food di Dusun Titipasan Desa Bumi Agung salah satunya yaitu toko SRC An-Nur, dari beberapa toko pesaing tersebut toko SRC An-Nur merupakan toko yang paling ramai di datangi oleh konsumen meskipun letak toko SRC An-Nur ini masuk didalam gang tidak jauh dari jalan utama dusun Titipasan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen yang digunakan Toko SRC An-Nur Dusun Titipasan Desa Bumi Agung apakah sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field reaserch), bersifat deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari pemilik toko, karyawan, dan konsumen. Sumber data sekunder yaitu dari buku-buku yang berkaitan dengan manajemen pemasaran, strategi pemasaran, perilaku konsumen dan etika bisnis islam. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan toko SRC An-Nur menerapkan beberapa strategi pemasaran yang sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis islam. Pertama, toko ini memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dengan sikap yang ramah, jujur, dan transparan dalam berinteraksi. Hal ini mencerminkan prinsip kejujuran dan amanah dalam islam. Kedua, menyediakan produk-produk yang halal dan berkualitas. Mereka menjaga kualitas produk, memastikan kebersihan, dan menyediakan label yang jelas mengenai kandungan dan komposisi produk. Kehalalan produk dalam islam menjadi pertimbangan penting dalam menyediakan produk kepada konsumen. Ketiga, toko ini juga menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan interaksi dengan konsumen. Mereka memanfaatkan media sosial untuk memeperluas jangkauan pasar dan memberikan informasi akurat dan jelas tentang produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Minat Beli, Etika Bisnis islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:07
Last Modified: 07 Nov 2023 02:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item