Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah

Elytamaya, Rina (2019) Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RINA ELYTAMAYA 14115341 .pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah.Masalah dalam penelitian ini perlu dibatasi agar penelitian dapat terarah dan terfokus secara cermat. Masalah tersebut difokuskan sebagai berikut: “metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam”.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Bagaimana pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019?”.

Berdasarkan dengan hal di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019.Manfaat penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan Alat Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi.

Selanjutnya memberikan interpretasi terhadap to. Hasil to = -7,38 diperoleh dalam perhitungan tolebih besar dari ttabelpada df atau db 29, baik pada taraf signifikan 5% (2,05) dan taraf signifikan 1% (2,76) atau 2,05 < -7,38 > 2,76 maka hiotesis dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode kerja kelompok terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019”.Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus “t” Tes.

Dengan demikian penggunaan metode kerja kelompok sangatlah efektif digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran bila dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:09
Last Modified: 14 Jan 2020 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item