Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Ma'arif NU 9 Purbolinggo Lampung Timur

Bukhori, Arbi Affan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Ma'arif NU 9 Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Arbi Affan Bukhori - 18010520001 - PGMI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang lambat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi siswa dari guru, membutuhkan waktu yang lama dalam pemahaman dan penguasaan siswa akan informasi, kurangnya kemampuan siswa untuk bekerja sama dan bersosialisasi siswa kurang memiliki kepekaan diri dan empati serta siswa memiliki kecemasan dan kurang percaya diri. Hal ini mengakibatkan kurangnya respon dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Ma'arif NU 9 Purbolinggo Lampung Timur.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, bentuk desain pre experimental design dengan tipe one-grup pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur tingkat kemampuan siswa terhadap materi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Analisis statistik menggunakan uji t tes (paired sample t tes ) untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Take And Give berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaan IPA Kelas V di MI Ma'arif NU 9 Purbolinggo Lampung Timur.Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan yaitu nilai dari thitung = 6,798 lebih besar dari ttabel = 2,064, dengan nilai signifikansi = 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka disimpulkan Ho ditolak, artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaan IPA Kelas V di MI Ma'arif NU 9 Purbolinggo Lampung Timur dengan kategori “sedang”..

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Take and Give, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:35
Last Modified: 07 Nov 2023 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8598

Actions (login required)

View Item View Item